Example floating
Example floating
Example 728x250
Aceh Timur

Bertahun-Tahun Plt Kepsek Tak Kunjung Dilantik, YARA Menilai Aneh

39
×

Bertahun-Tahun Plt Kepsek Tak Kunjung Dilantik, YARA Menilai Aneh

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

IDi, Republiknews.com – 11 Juli 2024
Meskipun bertahun-tahun menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt), namun nasib puluhan guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga kini tak kunjung dilantik sebagai kepala sekolah (kepsek) definitif.

“Kita melihat ada keanehan di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, seorang guru bertahun-tahun diperbantukan sebagai ‘Plt’ disebuah sekolah. Padahal banyak guru yang mencukupi syarat sebagai kepsek,” kata Ketua Perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Indra Kusmeran SH, Kamis (11/7/2024).

Example 300x600

Seharusnya, lanjut dia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera mengusulkan nama-nama calon kepsek ke Badan Kepegawaian Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat untuk mengganti kepsek yang pensiun di tujuh wilayah dalam Kabupaten Aceh Timur, mulai dari Korwil Ranto Selamat, Ranto Peureulak, Peureulak, Darul Aman, Julok, Simpang Ulim dan Korwil Idi Rayeuk.

“Kita akui tidak salah dalam aturan memperbantukan guru sebagai kepsek bertahun-tahun, tapi idealnya seorang guru diperbantukan sebagai ‘Plt’ itu tiga bulan pertama. Disaat belum rampung persiapan pelantikan, maka dapat diperpanjang tiga bulan kedua. Jika sudah melebihi setahun, apalagi sudah bertahun-tahun, maka ini sudah masuk ranah etika kepegawaian,” urai Indra Kusmeran.

Oleh karenanya, diharapkan Dinas Pendikan dan Kebudayaan dan BKPSDM setempat segera mengambil langkah untuk melantik kepsek definitif, sehingga Tahun Ajaran (TA) 2024/2025 sekolah memiliki semangat baru dalam menjalankan roda pendidikan yang akan datang. “Kita berharap guru yang diperbantukan sebagai ‘Plt’ kepsek segera didefinitifkan yang ditandai dengan pelantikan,” sebut Indra Kusmeran.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, sekolah yang saat ini dijabat guru dengan status ‘Plt’ di Korwil Darul Aman yakni SDN 2 Darul Aman (Kp Keude), SDN 4 Darul Aman (Matang Pineung), SDN 3 Darul Aman (Seuneubok Baroh), SDN Tuha 1 dan Seuneubok Buloh (Idi Cut).

Masih dalam Korwil Darul Aman, di Kecamatan Nurussalam juga terjadi kekosongan kepsek seperti SDN Alue Dalam, SDN Paya Kruep, SDN Buket Panjo, SDN Bantayan, SDN Matang Neuheun, SDN Gampong Jalan, SDN 1 Darul Falah, SDN 1 Nurussalam dan SDN 2 Nurussalam.

Zainal Abidin pjt

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *