Home / nothing / KPUD Tindaklanjuti Surat Tanggapan Terkait Calon Legislatif
KPUD Tindaklanjuti Surat Tanggapan Terkait Calon Legislatif

KPUD Tindaklanjuti Surat Tanggapan Terkait Calon Legislatif

RepublikNews.com – BUKITTINGGI – Elemen masyarakat menulis surat tanggapan ke KPUD Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Enam pucuk surat tanggapan tersebut terkait calon ang­gota legislatif kota itu akan bertarung pada Pemilu Legislatif April  2014 mendatang.

Terkait masuknya surat tanggapan itu KPU setempat akan mempelajari sekaligus akan menindaklanjutinya.

Nantinya jika ada diantara enam surat yang masuk itu didapati kesalahan atau ada ter­buk­ti melanggar sesuai aturan dalam undang-undang, akan dipastikan dari 272 DCS yang sudah terdaftar di KPU se­­tempat akan ada yang gugur pada pe­netapan daftar calon tetap (DCT). Hal itu  akan diumumkan KPUD Bukittinggi  pada 23-25 Agus­tus 2013.

Ketua KPUD Bukittinggi, Lem­masrizal mengatakan, enam surat yang masuk ke lembaganya itu terkait de­ngan enam bacaleg  DPRD Kota Bukittinggi. Berasal dari berbagai par­­tai politik (parpol) yang  te­­lah terdaftar di DCS. Dan sa­at ini sedang dilakukan pendalaman.

 ”Jika hal tersebut me­nyang­­kut administrasi, maka kita dari KPUD Kota Bukittinggi bisa langsung me­mu­­tusnya apakah yang ber­sang­kutan lolos atau tidak menjadi DCT. Jika me­nyang­kut masalah pribadi dan pida­na, kita akan serahkan ke parpol ma­sing-masing. Semua Keputusan itu di­la­ksanakan melalui rapat pleno ber­sama pokja,” ujarnya.

Kata dia, di KPUD Bukittinggi tercatat bacaleg sebanyak 272 di DCS dan mereka akan  memperebutkan 25 kursi di DPRD Kota Bukittinggi dari 12 parpol peserta pemilu legislatife 2014.

“25 kursi DPRD Bukittinggi bakal di­perbutkan itu adalah 10 kursi daerah pemilihan (Dapil) I Mandia­ngin Koto Selayan (MKS), 9 kur­si untuk Dapil II Guguk Panjang (GP) dan 6 kursi untuk Dapil III, Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB),” terangnya.

Ia tambahkan, 12 Parpol tersebut adalah Partai Nas­dem, Partai Kebang­kitan Bang­­sa, Pertai Keadilan Sejah­tera, Partai Demokrasi Indone­sia Perjuangan, Partai Golo­ngan Karya, Partai Ger­a­kan Indonesia Raya, Par­tai De­mokrat, Partai Ama­nat Nasio­nal, Partai Persatuan Pem­ba­ngunan, Partai Hati Nurani Rak­yat, Partai Bulan Bintang dan Pertai Keadilan dan Per­satuan Indonesia.

KPU Bukittinggi Rancang Program Kerja

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kota Bukittinggi berencana akan melakukan terobosan baru di bidang informasi, yakni akan membuka Media Centre. Hal itu dipastikan akan melibatkan unsur wartawan yang ada di kota itu.

“Para journalis selama ini agak menemui kesulitan untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan Lembaga KPU Kota Bukittinggi. Sebab belum adanya ruang untuk awak media tersebut,” ujar Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi, Benny Aziz .SE kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (7/4).

Kata Benny, Gagasan Media Centre tersebut muncul karena  memang merupakan bagian kebutuhan untuk percepatan informasi terhadap publik.

Benny berharap dalam waktu dekat ini ruang Media Centre itu bisa terealisasi. “Menurut  rencana ruangan Media Centre nantinya akan dilengkapi dengan beberapa unit computer, printer, scanner, fasilitas koneksi WIFI serta peralatan yang dapat menunjang Media Centre,” ucapnya.

Ia menambahkan dengan adanya Media Centre itu nantinya akan dapat memudahkan masyarakat, khususnya mereka yang ingin mengetahui dan menyerap informasi perkembangan terbaru mengenai kinerja KPU di Kota Bukittinggi.

“Selain itu, juga terciptanya transparansi kinerja KPU di tengah-tengah masyarakat khususnya di kota ini ,” imbuh Benny. (fadhil)

Foto: Benny Aziz .SE

 

About koto

Scroll To Top
thomas davisthomas davis